Jumat, 03 Maret 2017

Buat Hosting Menggunakan ISPConfig pada Debian 8,6 jessie



Pengertian
ISPConfig adalah open source hosting control panel untuk Linux , berlisensi lisensi BSD dan dikembangkan oleh perusahaan ISPConfig UG.ISPConfig memungkinkan administrator untuk mengelola website , email alamat dan DNS catatan melalui web antarmuka berbasis. Perangkat lunak ini memiliki 4 tingkat login: administrator, reseller, client dan email pengguna.

Latar belakang
pada jaman sekarang banyak orang ingin mempromosikan produknya lewat website.tapi kendalanya tidak punya server sendiri.dan hosting adalah salah satu untuk menyewakanya website,domain,dll.

Tujuan 
install ISPConfig pada debian 8.6 jessie

Alat dan bahan 
1.Aplikasi ISPConfig
2.Repository Online
3.koneksi internet
4.Debian Server

Waktu pelaksanaan 
45 menit

Tahap pelaksanaan

1.ok pertama saya akan mengganti repository dengan perintah
  nano /etc/apt/sources.list


2.kemudian tambahkan repository online disini saya menambah repository
   kambing


3.selanjutnya update & upgrade

4.kemudian masuk Directory tmp dengan perintah
   cd /tmp

5.kemudian saya akan mendownload apliksinya dengan link dibawah ini
  wget --no-check-certificate -O installer.tgz "https://github.com/servisys/ispconfig_setup/tarball/master"

6.setelah itu saya akan extrac filenya dengan perintah
  tar zxvf installer.tgz


7.salanjutnya saya akan masuk ke Directory ISPconfig dengan perintah
  cd *ispconfig* 


8.setelah masuk Directory kemudian saya akan install dengan perintah
  bash install.sh


9.pada gambar dibawah ini ketik (y) untuk melanjutkanya


10.kemudian pada gambar di bawah ini saya disuruh memilih database.saya
     memilih menggunakan MySQL


11.terus masukkan password untuk databasenya


12.pada gambar dibawah ini saya disuruh memilih webserver.saya memilih
     menggunakan apache


13.pada gambar di bawah ini saya ditanya apakah ingin install HHVM.saya
     (yes)


14.pada gambar di bawah ini saya (yes)


15.pada gambar di bawah ini saya ditanya apakah ingin instal phpmyadmin
     (yes)



16.type mailserver yang digunakan.saya pilih courier


17.pada gambar di bawah ini saya ditanya apakah ingin update Antivirus pada
     database (yes)


18.pada gambar di bawah ini (yes)


19.langsung yes saja


20.pada gambar di bawah ini saya ditanya apakah ingin instal Jailkit (yes)


21.pada gambar di bawah ini saya disuruh memilih webmail untuk mailserver.saya memilih squirrelmail


22.disuruh memasukan kode negara indonesia (id)


23.nama negara (indonesia)


24.lokasi tempat tinggal (java)


25.nama Organisasi


26.nama Organisasi.

   setelah itu tunggu sampai selesai proses installasinya

27.Enter untuk melanjutkan


28.setelah itu buka lewat browser
     https://(ip kalian):8080
     username:admin
     password:admin




29.nah ini adalah fitur-fitur pada ISPconfig



Kesimpulan
dengan ISPconfig kita bisa membuat hosting sendiri

Referensi

https://en.wikipedia.org/wiki/ISPConfig
https://www.howtoforge.com/tutorial/ispconfig-automated-install-script/







0 komentar:

Posting Komentar